Gunung Argopuro, Menyimpan Peninggalan Purba

Gunung Argopuro adalah bekas gunung berapi aktif yang mempunyai ketinggian 3088 mdpl. Gunung ini adalah bagian dari pegunungan yang berlokasi di kabupaten Probolinggo. Puncak Rengganis Gunung dengan ketinggian mencapai 3000 meter ini adalah salah satu puncak yang dimiliki Gunung Argopuro yang memiliki keindahan dan daya tarik yang khas.

Gunung Argopuro

Gunung Argopuro juga sangat terkenal sebagai gunung yang memiliki trek pendakian terpanjang di Pulau Jawa yakni sekitar 40 km. Trek yang panjang ini tentunya membutuhkan waktu pendakian yang tidak singkat dan persiapan yang matang sebelum memutuskan untuk mendaki Gunung Argopuro ini.

Untuk mendaki situs purbakala Gunung Argopuro ini pengunjung harus melakukan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar sekitar 4 hari lamanya. Perjalanan beberapa jam pertama pengunjung akan melewati hutan tropis dan perkebunan damar dengan melalui jalan setapak. Kemudian kita akan mendapati Lapangan Terbang Si Kasur.

Sejarah Gunung Argopuro masa Belanda

Konon, lapangan terbang ini merupakan peninggalan masa Kolonial Belanda. Di sekitar Lapangan Terbang Si Kasur ini pengunjung bisa bermalam dan mendirikan tenda. Sesudah menginap di lokasi ini, kemudian pagi harinya pengunjung dapat melanjutkan pendakian dan perjalanan untuk tiba di Puncak Rengganis atau Puncak Argopuro.
Di situs purbakala Gunung Argopuro ini anda bisa mencium bau belerang karena terdiri atas batuan kapur. Dari puncak ini anda bisa menyaksikan savanna, lubang kawah dan lautan awan yang eksotis dari jalur pedakian yang sebelumnya dilewati.

Konon, Puncak Rengganis dengan ketinggian 2 ribu 700 meter ini adalah bekas kawah belerang yang bernilai sejarah namun hingga kini belum terungkap. Pengunjung  yang datang kesini memang masih jarang, tetapi pada momen tertentu misalnya musim kemarau atau liburan sekolah, pengunjung yang datang dari berbagai daerah berdatangan mengunjungi Puncak Dewi Rengganis si .

Kelebihan Puncak Gunung Argopuro

Jika dibandingkan dengan puncak-puncak gunung yang terdapat di Jawa Timur, eksotisme Puncak Rengganis Gunung terpanjang ini tidak kalah menawan saat memutuskan untuk tour ke bromo yang juga berdekatan. Sebab, Puncak Dewi Rengganis ini tidak hanya menyimpan nilai historis, namun memiliki panorama alam yang asri dan terjaga keperawanannya. Puncak Rengganis yang menawan ini memiliki sebuah situs peninggalan masa purbakala. Peninggalan jaman purbakala ini adalah teras atau punden berundak yang terdiri atas 3 kompleks area yang di dalamnya terdapat 5 bekas bangunan.

Reruntuhan bangunan bersejarah tersebut diyakini sebagai bekas reruntuhan kerajaan Dewi Rengganis. Situs purbakala lainnya adalah tempat pemujaan yang terdapat di makam sang dewi. Bahkan pengunjung bisa menemukan sebuah danau yang konon diyakini sebagai tempat mandi dan tempat mandi dari Dewi Rengganis.
Belum banyak yang mengetahui sejuta keistimewaan dan pesona yang tersimpan di Puncak Rengganis bekas gunung berapi yang sudah tidak aktif ini.

Tetapi, berdasarkan keterangan penduduk setempat, Puncak Rengganis kerap memancarkan warna atau cahaya kebiru-biruan pada hari-hari tertentu. Situs purbakala dari sini wajib dilestarikan dan dijaga supaya tidak rusak atau hilang.