Jalur pendakian Gunung Wilis yang tak bisa diremehin

Jalur pendakian Gunung Wilis – Gunung Wilis Tulungagung adalah Gunung yang tidak aktif di Jawa Timur yang memiliki ketinggian sekitar 2563 mdpl. Daerah ini terkenal sebagai penghasil sayuran seperti: wortel, kobis, sawi, kol dll serta susu. Gunung ini memiliki 5 puncak yang tiap puncaknya bisa diakses dari beberapa kota. Contohnya: Puncak Liman yang bisa diakses dari kota Kediri dan Nganjuk.

jalur pendakian Gunung Wilis

Selain itu terdapat puncak paling favorit bagi para pendaki yang bisa diakses melalui jalur pendakian Gunung Wilis Tulungagung dengan ketinggian 2300 mdpl. Medan ini memiliki medan yang menantang dengan pemandangan yang eksotis dan alami seperti: candi, situs purbakala, air terjun serta kebun teh hijau kaki Wilis yang membuat para pendaki tergiur untuk menaklukkannya.

Jalur Pendakian Gunung Wilis menurut para pakar

Gunung Wilis Tulungagung ini bisa disebut sebagai gunung yang masih perawan, karena masih begitu asli dan alami karena lokasi gunung ini yang cukup jauh dari keramaian dan pusat kota. Terlebih transportasi umum menuju lokasi cukup sulit sehingga belum teralu terjamah tangan-tangan pendaki yang jahil.

Jalur Tulungagung memiliki panjang sekitar 7 hingga 9 km dan membutuhkan waktu sekitar 6-8 jam perjalanan. Selain itu jalur pendakian Gunung Wilis ini tidak terdapat pos penjaga, base camp, pos pendakian dan sejenisnya.
Selama perjalanan menuju puncak, anda juga harus berhati-hati dengan monster penghisap darah alias pacet yang bisa menggigit anda sepanjang jalur pendakian Gunung Wilis hingga menuju puncak.

PErsiapan sebelum masuk jalur pendakian Gunung Wilis

Selain menyiapkan fisik dan stamina untuk pendakian Gunung Wilis Tulungagung, anda juga harus membawa bekal yang cukup bahkan lebih banyak terutama air minum. Sebab air hanya bisa anda dapatkan di desa terakhir serta air terjun yang baru anda temukan setelah anda melewati seperempat perjalanan.

Apabila kita melakukan pendakian Gunung Wilis Tulungagung selama 2 hari contohnya 1 malam menginap di watu godek dan yang satu malam di puncak maka kita wajib menyiapkan air pada ½ perjalanan yakni di watu godeg.
Lalu kita bisa menyimpan minum di wilayah tersebut, sehingga ketika pulang kita tidak khawatir kehabisan air dan bisa beristirahat langsung tanpa memasak kembali saat tiba di tengah perjalanan pulang.

Untuk menuju puncak Gunung Wilis dari Watu Godek maka sudah terdapat plang sebagai tanda informasi menuju puncak. Watu Godeg adalah titik pertemuan jalur kedua dengan air terjun dan titik ini merupakan sebuah jalur pertemuan menuju puncak dari seluruh jalur pendakian Gunung Wilis.

Baca juga: Misteri air terjun sedudo

Jalur pendakian Gunung Wilis dari desa terakhir menuju puncak bisa melewati 2 jalur berikut yakni: jalur 1 melalui air terjun dan jalur 2 langsung menuju puncak. Kedua jalur tersebut sama-sama melalui kebun teh dan akan berpisah sesudah kebun teh yakni jika ke kiri melewati air terjun dan menuju kebun sayuran jika menuju ke kanan.
Persamaannya, kedua jalur pendakian Gunung Wilis tersebut tidak ada yang bisa menghindarkan pendaki dari gigitan satwa penghisap darah yakni pacet ini.

Tetapi anda tidak perlu khawatir, selama perjalanan menuju puncak Gunung Wilis Tulungagung anda akan dimanjakan eksotisme tanaman khas pegunungan seperti: bunga edelwise, anggrek dan suplir. Selain itu anda juga bisa menyaksikan polah satwa lucu seperti: monyet, babi hutan, dan burung-burung khas pegunungan.