Menjamah Gunung Bromo, Pesona Surga Dari Tuhan

bromo

Menjamah Gunung Bromo, Pesona “Surga” Dari Tuhan

 

Menjamah pesona Gunung Bromo- Gunung Bromo adalah salah satu ikon pariwisata dari Jawa Timur yang sangat populer. Gunung Bromo ini dipercaya memiliki  pemandangan sunrise yang sudah banyak disebut-sebut sunrise terbaik di Indonesia. maka tidak heran jika dari tahun ke tahun banyak wisatawan yang datang karena ingin menjamah pesona Gunung Bromo yang epik tersebut.

Gunung Bromo sendiri merupakan bagian dari tempat wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Selain terkenal dengan keindahan sunrisenya, gunung Bromo juga terkenal dengan keelokan kaldera (lautan berpasir) yang bisa mengepulkan asap putih dan juga kawah yang tak kalah eksotisnya.

 

Keelokan Yang Didapat Di Kawasan Wisata Gunung Bromo

Kawasan wisata Gunung Gunung Bromo ini terletak di ketinggian sekitar 2.392 meter di atas permukaan laut. Ada empat jalur pintu untuk menuju kawasan wisata Gunung Bromo ini. Yaitu melalui Desa Wonokitri (Pasuruan), Desa Cemorolawang (Probolinggo), Desa Burno (Lumajang) dan Desa Ngadas Tumpang (Malang).  Di kawasan wisata Gunung Bromo ini sudahtersedia fasilitas pendukung yang memadai baik untuk sarana dan prasarana. Seperti, hotel, penginapan dan juga fasilitas transportasi yang mudah didapatkan oleh para wisatawan.

Gunung Pananjakan.

Jika sudah sampai mencapai puncak Gunung Penanjakan, para wisatawan bisa menikmati sunrise atau matahari terbit dan juga menikmati hamparan lautan pasir yang luas. Anda juga bisa melihat pemandangan dari latar belakang yaitu Gunung Bromo, Gunung Batok dan juga Gunung semeru. Untuk sampai ke puncaknya para pengunjung bisa memakai kendaraan mobil Jeep.

Bagi anda yang suka kegiatan hiking bisa nekat dengan jalan kaki namun anda tetap harus hati-hati karena medannya juga tidak mudah. Namun rasa lelah anda akan segera terbayarkan dengan pemandangan Bromo Sunrise dari ufuk timur. Ditemani kopi atau teh hangat dan jajanan ringan yang di jual di sekitar Puncak Penanjakkan, menikmati sunrise akan terasa lebih menyenangkan.

Puas menikmati sunrise, para wisaawan bisa melanjutkan perjalanan menuju kaki Gunung Bromo dengan menggunakan mobil Jeep yang biasanya memang tersedia untuk disewakan dalam satu paket.

Perjalananpun juga kian menyenangkan karena sepanjang perjalanan anda akan bisa melihat hamparan lautan pasir yang luas. Selanjutnya, anda harus menapaki anak tangga yang berjumlah sekitar 250 anak tangga. Nah, barulah di Puncak Gunung Bromo ini para wisatawan anda dapat melihat kawah dari Gunung Bromo yang mengeluarkan asap putih yang tebal.

Selain bisa melihat keindahan dari panorama di kawasan wisata Gunung Bromo dan Gunung Semeru, pada waktu tertentu jika beruntung, anda bisa melihat upacara adat yang biasanya dilakukan oleh masyarakat Suku Tengger yaitu Upacara Kasodo.

Upacara unik dari Suku Tengger ini, adalah suatu upacara yang dilakukan untuk memohon panenan yang berlimpah ruah, dan juga untuk menolak bala serta untuk memohon kesembuhan dari bermacam penyakit. Upacara ini berupa persembahan sesaji yang dilemparkan ke kawah Gunung Bromo.

Perlu diketahui jika ingin menjamah pesona Gunung Bromo yang baik adalah kisaran Bulan Mei dan bulan Oktober. Karena pada kisaran bulan tersebut para pengunjung bisa menikmati pesona Gunung Bromo yang sempurna.

 

 

Menjamah Gunung Bromo, Pesona Surga Dari Tuhan
Rate this post