Monumen Simpang Lima Gumul yang Wajib Dikunjungi

Monumen Simpang Lima Gumul

Apabila kita berbicara tentang tempat wisata di Indonesia tentu saja tidak akan ada habisnya. Hal ini dikarenakan disetiap daerah pasti memiliki obyek wisata dan tempat-tempat yang merupakan ciri khas dari daerah tersebut. Sehingga jika anda suka bertamasya maka Monumen Simpang Lima Gumul ini wajib untuk anda kunjungi.

Monumen Simpang Lima Gumul merupakan sebuah monumen khas Kediri yang terletak pada persimpangan jalan dan merupakan titik dari bertemunya lima ruas jalan. Monumen ini dibangun dengan sebuah desain arsitektural yang terinspirasi atas Monumen L’Archade Triophe Paris. Tentu saja tempat ini sangat ramai dikunjungi orang-orang sepanjang harinya.

Monumen Simpang Lima Gumul berada di desa Tugurejo kabupaten Kediri Jawa Timur. Monumen khas Kediri ini mempertemukan lima ruas jalan yang tujuannya adalah Pare, Gambangrejo, Pagu, Plosoklaten dan Pesantren. Kawasan ini dahulu dikenal sebagai Proliman yang berjarak 6 km dari pusat kota dan anda hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit dari pusat kota.

Banyak orang yang telah berkunjung  monumen khas Kediri ini memberikan kesan spesial terhadap monumen yang megah ini. Monumen Simpang Lima Gumul ini mempunyai luas 804 meter persegi dan memiliki tinggi sampai 25 meter. Di sini anda bisa menjumpai terdapatnya tiga buah tiang yang menjadi sokongan setinggi tiga meter.

Luas dan tinggi dari monumen khas Kediri ini dibangun bukan tanpa alasan. Hal ini merupakan hari kelahiran dari kota Kediri. Luasnya menandakan tahun yakni 804, tingginya menandakan tanggal yaitu 25 dan tiga tiang penyokongnya menandakan bulan berdirinya yakni Maret.

                Monumen Simpang Lima Gumul dibangun sejak tahun 2003 dari kinerja Bupati Kediri. Monumen khas Kediri ini ditargetkan sebagai salah satu sentra ekonomi dan juga sebagai ikon kabupaten Kediri. Sehingga dengan dibangunnya monumen khas ini diharapkan para pengunjung yang datang selalu mengingat kabupaten Kediri secara spesial di hati mereka.

Pada monumen khas Kediri ini anda bisa menjumpai arca Ganesha pada setiap sisinya. Arca ini merupakan simbol atas pengetahuan dan kecerdasan, di tambah pula sebagai simbol atas kebijaksanaan, pelindung dan penolak bala. Monumen ini juga dilengkapi dengan pahatan-pahatan relief yang menggambarkan sejarah kabupaten Kediri.

Relief di monumen khas Kediri ini terdapat 16 gambar dimana 9 diantaranya merupakan gambaran atas seni dan budaya kabupaten Kediri. Di monumen ini terdapat ruang pertemuan yang terletak di gedung utama. Di lantai atasnya terdapat sebuah auditorium dan terdapat pula minimarket yang menjual berbagai suvenir di lantai bawah.

Nah itulah tadi ulasan mengenai monumen Simpang Lima Gumul yang menjadi ciri khas dari daerah Kediri. Apabila memiliki waktu luang maupun menuju ke arah tersebut tidak salahnya mampir untuk menyaksikan secara langsung sendiri bagaimana kemegahan dari monumen khas Kediri ini. Jika masih banyak waktu liburan yang tersisa lebih baik melanjutkan perjalanan untuk tour bromo karena rugi jika kalian hanya ke beberapa tempat saja.

Leave a Comment