Kayangan Api Bojonegoro yang Eksotis

Kayangan Api Bojonegoro, Pesona Wisata Api Yang Tak Kunjung Padam

Kayangan Api di Bojonegoro adalah obyek wisata yang cukup terkenal dan populer di Jawa Timur. Obyek wisata ini bisa menjadi salah destinasi wisata di Jawa Timur yang bisa dikunjungi untuk lebih mendekatkan diri kepada Illahi.  Hal ini karena ada fenomena alam yang unik dan luar biasa yang bisa anda temukan di tempat ini.

Ketika mengunjungi obyek wisata di Bojonegoro ini, wisatawan akan disuguhkan dengan hutan jati yang rindang dan hijau. Kemudian setibanya di lokasi, pengunjung akan disambut dengan jajaran tiang dan gapura yang indah. Di bagian tengah dari tiang tersebut, terdapat batu yang melingkar dan menyemburkan gelombang panas yakni persemayaman api tak kunjung padam.

Eksotisme Kayangan Api Bojonegoro yang bisa anda saksikan adalah semburan api berwarna merah kekuningan yang meliuk-liuk dari celah tumpukan batu. Api abadi yang berlokasi di Bojonegoro ini ditengarai merupakan api tak kunjung padam paling besar se-Asia Tenggara. Terlebih jika anda melihatnya pada malam hari, liukan apinya membuat siapapun terpukau.

Sumber api yang tak kunjung padam di Kayangan Api di Bojonegoro ini adalah fenomena geologi dari alam berupa gas alam yang keluar dari dalam bumi dan tersulut api. Hal ini membuat api yang tidak kunjung padam meskipun ditiup angin sekencang apapun dan diguyur hujan lebat sekalipun.

Sekedar informasi Bojonegoro memang daerah yang kaya akan migas. Di sekitar Kayangan Api saja terdapat 2 buah sumur minyak yang telah dibor. Jadi tidak heran jika di sekitar lokasi obyek wisata di Bojonegoro ini pengunjung bisa merasakan aroma gas bumi melalui indera penciuman anda.

Menilik sisi lain dari obyek wisata ini, ternyata ada sebuah kolam berukuran sedang yang dipagar secara melingkar. Uniknya kolam berisi air ini senantiasa mendidih walaupun di bawahnya tidak terdapat api.

Lokasi Kayangan Api di Bojonegoro ini telah dibuka menjadi obyek wisata semenjak tahun 1999. Sebagai wujud rasa bangga dan demi menjaga kelestarian serta kearifan lokal, Pada hari jadi kota Bojonegoro setiap tahunnya api yang berasal dari Kayangan Api ini diambil kemudian diarak.

Kayangan Api di Bojonegoro juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas misalnya: taman bermain anak, parkiran yang luas, pendopo yang megah, saung untuk beristirahat sambil menikmati makanan, kamar mandi yang bersih serta mushola sebagai tempat ibadah.

Eksotisme Kayangan Api Bojonegoro ini bisa anda temukan di kawasan hutan lindung yang berlokasi di sebuah desa bernama Sendangharjo, kecamatan Ngasem. Lokasi ini bisa diakses dari pusat kota Bojonegoro dengan jarak sekitar 25 km. Jalannya yang lebar dan bagus membuat pengunjung tidak kesulitan untuk mengaksesnya.

Kayangan Api di Bojonegoro ini bisa anda jadikan tempat menghabiskan hari libur bersama sahabat maupun keluarga. Hal ini tentunya bisa menjadi wahana edukasi yang baik untuk menstimulasi rasa ingin tahu anak tentang fenomena alam yang unik di sini.

Kayangan Api Bojonegoro yang Eksotis
Rate this post

Leave a Comment