5 Penginapan di Sekitar Kawasan Kawah Ijen

Kota Banyuwangi telah menjadi daerah wisata yang berkembang pesat. Banyak lokasi wisata yang dibuka dan dibangun. Salah satu yang paling terkenal adalah Taman Nasional Kawah Ijen. Secara geografis Kawah Ijen masuk ke wilayah Kabupaten Banyuwangi. Walau ada beberapa bagian dari Gunung Argopuro yang masuk ke wilayah Kabupaten Bondowoso.

Kawah Ijen yang terkenal dengan Blu Fire tiap hari selalu tidak pernah sepi dari pengunjung baik dari wisatawan lokal maupun manca. Blue Fire sendiri adalah fenomena yang hanya ada 2 di dunia, satunya berada di Islandia. Untuk mencapai ke Blue Fire pun perlu sedikit usaha. Karena kita harus jalan kaki naik sejauh 3 km dan dilanjut naik turun tangga menuju ke tambang belerang sebanyak 400an.

Wisata kawah ijen yang aktif pada malam hari mengharuskan para wisatawan yang dari luar kota untuk menginap di sekitar kawah ijen. Dengan menginap maka wisatawan akan punya tenaga untuk naik ke puncak ijen. 3 km sangat mudah di daki jika trekknya datar. Namun ini anda akan menanjak, tenaga dan keteguhan hati dibutuhkan untuk bisa naik ke atas.

Jelajahnesia.com mencoba berbagi beberapa penginapan murah yang berada di sekitar kawasan kawah ijen :

  1. Arabica Homestay

IMG_5925Homestay milik BUMN ini menjadi salah satu favorit wisatawan untuk beristirahat sejenak menunggu malam. Dengan rate antara 150.000-450.000 wisatawan dapat beristirahat sembari menikmati keindahan kebun kopi milik PTPN. Arabica homestay berada di tengah-tengah Pabrik Kopi PTPN. Untuk menunggu malam anda bisa mengikuti tur yang diselenggarakan oleh Arabica Homestay Kawah Ijen

  1. Catimor Homestay

Catimor_Homestay_Blawan

Selain Arabica Homestay , PTPN juga memiliki penginapan lain yaitu Catimor Homestay . Dengan jarak tempuh paling dekat menuju kawasan ijen, Catimor menjadi penginapan terakhir sebelum masuk kawasan wisata. Konsep Catimor Homestay lebih berkesan klasik. Dengan dinding dari bambu dan lantai kayu homestay ini akan memberi kesan anda kembali ke masa kolonial. Wajar karena homestay ini memang di bangun oleh pihak belanda selama penjajahan. Rate homestay ini berkisar 200.000-450.000

  1. Ijen Resto & Guest House

748435_14101509050022745975

Dari arah Banyuwangi ada Ijen Resto & Guest House . Homestay ini memilik 9 kamar dengan konsep klasik. Berdinding bambu dan interior yang dari kayu jati membuat anda merasakan suasana pedesaan yang sesungguhnya. Homestay ini paling dekat dengan kawah ijen jika dari arah Banyuwangi sekitar 3 km menuju ke Paltuding. FYI Paltuding adalah nama lain dari parkiran kawah ijen.

  1. Ijen Resort & Villas

Jika anda ingin merasakan kawasan pedesaan dan kemewahan secara bersamaan makan Ijen Resort & Villas adalah jawabannya. Hotel bintang 5 menawarkan suasana pedesaan yang asri karena terletak di tengah-tengah sawah padi dan kemewahan khas hotel. Rate mulai $150-$300 . Cocok untuk anda yang sedang bulan madu sembari berpetualang.

  1. Jiwa Jawa Resort Ijen

Hotel yang masih satu grup dengan Java Banana Bromo ini adalah hotel legendaris bintang 5. Jika anda punya budget lebih maka anda harus sesekali merasakan hotel ini. Karena hotel ini memberikan fasilitas kelas satu untuk para tamunya. Anda juga harus mengunjungi Galeri Seni yang ada di hotel ini.