Tips Trekking ke Puncak Kawah Ijen

kawah ijen

Kawah Ijen adalah salah satu bagian dari kompleks cagar Alam Taman Wisata Ijen. Ijen sendiri adalah suatu daerah yang di dalamnya terdapat gunung berapi lengkap dengan kawah serta dataran tinggi. Kawasan Ijen terletak di 3 daerah yaitu Banyuwangi, Situbondo, dan Bondowoso, Provinsi Jawa Timur.

Gunung ini pernah meletus dan memuntahkan lahar panas pada tahun 1796, 1817, 1913, 1936 hingga saat ini. Kawah Ijen mencapai ketinggian 2.368 mdpl sehingga untuk mencapai puncak harus menempuh perjalanan sejauh km dan membutuhkan stamina yang fit untuk menuju puncak. Bagi anda para pecinta gunung dan hobi hiking inilah beberapa tips untuk menuju kawasan Cagar Alam Taman Wisata Ijen:

  1. Mempersiapkan penutup mulut dan hidung

Tips mendaki Kawah Ijen yang pertama adalah persiapan perlengkapan pendakian seperti baju tebal, pakaian ganti, jas hujan, tas ransel, dan perlengkapan umum lainnya. Yang tidak boleh ketinggalan adalah satu alat kecil yang disebut masker. Masker digunakan untuk menutupi hidung dan mulut dari pengapnya belerang yang dapat mengganggu pernafasan.

Penggunaan masker untuk mendaki berbeda dengan penggunaan masker untuk perjalanan. Untuk pendakian masker terlebih dahulu harus dibasahi dengan air dingin untuk memberikan kesegaran pada pernafasan anda.

Selain hidung dan mulut yang terlindungi masker, anda juga harus melindungi mata dari kemungkinan iritasi akibat belerang karena jika belerang masuk ke mata akan menimbulkan iritasi sehingga menimbulkan rasa perih. Kacamata juga dibutuhkan untuk pendakian ke Kawah Ijen.

  1. Mempersiapkan fisik dan mental

Kesiapan mental sangat diperlukan untuk pendakian ke alam Ijen. Jangan sampai hanya karena pendakian yang cukup lama dan melelahkan anda menyerah begitu saja. Persiapkan fisik dan mental dengan baik sehingga anda bisa mencapai puncak Ijen dengan rasa bangga.

Jika memang sakit, menunda pendakian adalah satu-satunya cara terbaik agar tidak terjadi hal yang diinginkan.

  1. Mengecek kelengkapan peralatan pendakian

Tips ketiga untuk sukses mendaki puncak Kawah Ijen adalah dengan mematangkan kesiapan peralatan pendakian. Jangan sampai anda gagal sampai puncak hanya karena kurang persiapan dan peralatan yang tidak lengkap. Butuh waktu yang bertahap untuk mematangkan persiapan peralatan pendakian dan tidak bisa terburu-buru.

Ketika ingin mengabadikan momen bersejarah pendakian Kawah Ijen anda harus menyiapkan kamera sekaligus perangkatnya seperti tali dan tripod. Selain itu perhitungkan juga waktu pendakian agar bisa sampai puncak pada dini hari karena pemandangan indah kawah ijen akan sempurna pada saat terbitnya matahari.

Itulah 3 tips sederhana yang sering terabaikan oleh para pendaki gunung. Sederhana namun perlu perhatian khusus untuk sukses dalam pendakian menuju puncak Kawah Ijen sehingga anda perlu benar-benar mempersiapkan dengan sebaik mungkin.

Tips Trekking ke Puncak Kawah Ijen
Rate this post

Leave a Comment