Trekking Menakjubkan Menuju Pulau Sempu

trekking di pulau sempu

Trekking di pulau sempu

Trekking di Pulau Sempu-  Bagi anda yang ingin merasakan sensasi oase alam bisa datang ke Pulau Sempu. Lebih tepatnya, wisata Pulau Sempu ini terletak di sebuah pedalaman Desa Tambakrejo, persis terletak di seberang Pantai Sendang Biru. Seperti visual yang eksotis di film-film Pulau Sempu ini memiliki gambaran alam yang sangat menakjubkan. Siapapun yang berkunjung tentu akan terpana dengan keindahan wisata Pulau sempu ini.

Pulau Sempu memiliki luas area sekitar 877 hektar, yang berbatasan dengan Selat Sempu. Di pulau ini juga terdapat empat macam ekosistem, yaitu ekosistem hutan pantai, ekosistem hutan mangrove, ekosistem hutan tropis dataran rendah dan ekosistem danau. Selain itu, disini terdapat banyak sekali jenis tumbuhan maupun jenis burung dengan jenis spesies baru dan juga hewan langka lain.

Nama Pulau Sempu diambil dari nama sejenis tanaman yang biasanya digunakan untuk obat yang terbilang cukup langka. Meskipun bernama Pulau Sempu, namun di sini sudah tidak ada satupun tanaman sempu. Justru yang banyak pohon jenis lain yang tumbuh sangat subur di sana seperti pohon bendo dan juga pohon raksasa yang lainnya.  Meski sempat menjadi tempat militer namun keadaan Pulau Sempu ini masih sangat terjaga keasriannya.

Jika anda berniat ingin melakukan aktivitas trekking di Pulau Sempu, anda tentu tidak ingin melewati Segara Anakan, sebuah pantai yang sangat eksotis dan masih jarang terjamah orang. Jika anda melakukan trekking d sini, sangat disarankan bagi anda untuk memakai alas kaki yang tidak mudah lengket saat menyentuh tanah. Sangat disarankan bagi anda untuk menggunakan sepatu yang biasa dipakai futsal karena memiliki gigi yang bisa menggigit tanah lempung ataupun kontur tanah yang berlumpur.

Saat melakukan trekking, pengunjung akan melewati medan yang sulit dengan kemiringan tanah bisa mencapai 60 derajad. Hal lain yang menantang ialah saat pengunjung melewati jembatan yang berasal dari pohon rubuh dan melintang di atas sungai. Namun pacuan adrenalin anda itu akan segera terbayar dengan pemandangan perairan Segara Anakan yang sangat menyegarkan.

Jika perjalanan trekking anda berlanjut, maka sekitar 20 menit anda bisa menyusuri Segara Anakan yang berair payau. Para pengunjung juga akan disuguhkan sebuah pantai kecil yang memiliki pasir warna putih. Sayangnya, di tempat yang seindah itu masih belum ada penginapan. Jadi disarankan bagi anda yang ingin menginap untuk membawa tenda serta peralatan petualangan lainnya.

Saat anda ingin mengelilingi Pulau Sempu dengan jalan kaki, anda membutuhkan waktu sekitar dua hari. Trekking dari Segara Anakan juga bisa melewati pantai yang menuju Goa Kapur melalui jalur Long Beach. Untuk sampai ke sendang Biru, perjalanan bisa dimulai dari Telaga Lele kemudian dilanjutkan ke Teluk Waru-waru. Di Teluk tersebut pengunjung sudah bisa melihat sederet perahu nelayan di Ujung Sendang biru. Untuk catatan penting, pastikan anda telah memesan terlebih dahulu nelayan untuk menjemput anda beserta rombongan trekking anda.

Cukup menantang bukan? Tidak salah jika trekking di Pulau Sempu ini bisa anda masukkan list rencana untuk mengisi liburan anda yang antimainstream.

Leave a Comment