Mulai hari ini Gunung Bromo buka kembali

Mulai hari ini Gunung Bromo buka kembali. Setelah tutup sekian lama karena status Gunung Bromo yang meningkat dari Waspada menjadi Siaga . Kemarin tanggal 27 Februari 2016 diadakan rapat bersama untuk membahas status Gunung bromo. Karena dirasa aktifitas Gunung Bromo yang semakin menurun maka pada hari itu pula bromo dinyatakan bisa dikunjungi untuk umum. Berikut ringkasan hasil rapat antara pihak BNPB, warga dan pengelola agen wisata di Bromo.

Yth rekan-rekan, Kami informasi kan
Hasil rapat Koordinasi Pembukaan Kawasan Wisata Bromo :
Rapat dihadiri 10 multipihak yang terkait dengan hasil pertemuan sbb:

1. per tg 270216 pk 13:00, kawasan kaldera bromo dibuka TERBATAS Sesuai dengan rekomendasi PVMBG dengan penurunan status Gunung Bromo mjd waspada (Level 2)….: masyarakat dan wisatawan dapat beraktivitas di kaldera tengger/ Tengger Laut Pasir namun tidak diperkenankan untuk ke Kawah Gunung Bromo

2. Dalam rangka konservasi ekosistem Kawasan G. Bromo dan menghormati ritual Wulan Kepitu Masyarakat Tengger serta pembenahan jalur wisata maka kendaraan bermotor tidak diperbolehkan masuk ke kawasan Tengger Laut Pasir dr tg 270216 sd 110316

3. Pada tanggal 10 Maret 2016 akan dilaksanakan kegiatan selametan budaya tengger dan dilanjutkan dengan kegiatan Kerja Bakti oleh seluruh pihak terkait (dr 4 kab) di 4 pintu masuk Kawasan Wisata G. Bromo.
Acara selamatan akan dilakukan secara bersama di kawah kaldera.

4. Pembukaan Kawasan Wisata Bromo secara penuh dilaksanakan pada tanggal 12 Maret 2016 dimana kendaraan bermotor dapat memasuki Kawasan Tengger Laut Pasir dengan tetap mentaati peraturan yang berlaku.

5. Pengaturan jalur kendaraan bermotor, jalur kuda n jalur pejalan kaki akan diberlakukan n diminta u dipatuhi bersama

Ttd
Ka Balai Besar TN Bromo Tengger Semeru
Dr. Ayu Dewi Utari

 

Jadi secara resmi Mulai hari ini Gunung Bromo buka kembali . So tidak perlu khawatir lagi jika ingin berwisata ke gunung bromo.

Leave a Comment