fbpx

Desa Wisata Kemiren, Letak KKN Desa Penari ?

Mendengar berita terupdate dari media sosial yang ada, khususnya dari Twitter yang sempat viral dan mengguncang seluruh dunia maya yang ada tentang cerita nyata dari pengalaman sekelompok mahasiswa yang melakukan KKN (Kuliah Kerja Nyata). Desa wisata Kemiren ini diduga menjadi lokasi sebenarnya cerita horor dari kisah nyata yang dialami sekelompok mahasiswa yang melakukan kegiatan KKN. Cerita horor yang diambil dari pengalaman sekelompok mahasiswa ini dapat menyita perhatian para netizen. Bahkan, cerita ini dijadikan sebuah film oleh salah satu sutradara terkenal yang ada di Indonesia dengan dibintangi oleh pemeran yang terkenal juga di Indonesia.
Alasan mengapa desa wisata kemiren ini diduga letak KKN desa penari sebenarnya adalah menurut alur cerita yang ada, desa ini sangat cocok dan mirip dengan ciri-ciri cerita tersebut. Karena didalam cerita horor tersebut tidak disebutkan jelas lokasi sebenarnya, akhirnya menyebabkan setiap orang berpendapat berbeda-beda. Ada beberapa orang sangat yakin bahwa desa kemiren ini adalah desa penari sebenarnya. Mulai dari tokohnya, situs-situs di desa itu dan juga deskripsi secara geografis desa kemiren ini sangat mirip dan cocok.

Hal ini yang Membuat Desa Kemiren disebut Letak KKN Desa Penari

Desa wisata kemiren ini sendiri berlokasi di Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Dari cerita horor yang menarik ini tidak sedikit orang yang penasaran dan ingin mencari tahu sendiri kebenarannya. Ada beberapa Youtuber lokal seperti Mirror Genk, Cakwer, Cak Ndut dan lain sebagainya telah mengeksplorasi beberapa desa, sebut saja Rowo Bayu, Darungan, Wongsokerto dan juga Kemiren. Menurut dari hasil penelusurannya desa wisata kemiren inilah yang dianggap paling cocok dan mirip dengan ciri-ciri yang telah disebutkan dalam cerita tersebut.
Mengulas satu persatu mengenai desa wisata kemiren ini ternyata memang hampir 100% sangat mirip dengan cerita KKN desa penari. Dimulai dari kampung Dukuh ada sendang bernama sendang Kamulyan dan sendang Panguripan, petilasan atau makam dari Putri Nilam Narendra dari Pasundan (kemungkinan ini samaran nama dari Badarawuhi), serta batu Megalitikum yang dianggap keramat (ingat lokasi genderuwo di balik batu di cerita KKN). Makam keramat tersebut juga ditutup kain warna putih. Tak jauh dari kampung ini juga terdapat hutan larangan yang angker atau dimensi ke dunia ghaib. Namanya hutan larangan Cempaka Putih, jadi memang tidak semua orang boleh atau bisa masuk ke sana. Beberapa aspek secara lokasi ini sangat mirip dengan penggambaran Desa Penari meskipun tidak mirip 100 %.

Hal yang paling menguatkan bahwa lokasi inilah yang jadi tempat KKN adalah adanya tokoh adat bernama Pak Sanusi atau akrab dipanggil Kang Usi. Beliau menceritakan tentang adanya suara gamelan ghaib dan adanya tari-tarian yang hanya bisa disaksikan orang tertentu. Beliau juga menceritakan di sana juga terdapat manik-manik atau sejenis perhiasan yang jika diambil bakal bikin si orang ini bakal kena penyakit parah. Mirip juga dengan kasus Bima dan Ayu. Setelah ditelusuri lebih lanjut, di desa ini memang benar ada orang pintar yang biasa disebut dengan Mbah Buyut dan sekarang beliau sudah meninggal. Beliau selalu memberikan kopi buat siapapun yang datang. Memang di sana terkenal dengan kebun kopi. Disinyalir Bima waktu itu punya program menanam bibit kopi.
Dari penelusuran yang telah dilakukan dan dari cerita yang ada desa ini benar-benar sangat mirip bukan?. Namun, kita juga tidak bisa menyatakan bahwa desa kemiren ini adalah desa penari yang disebutkan dalam cerita KKN desa penari tersebut. Karena didalam cerita tersebut lokasi yang sebenarnya tidak disebutkan hanya ciri-ciri dan inisial saja. Jadi itulah sekilas informasi mengenai desa kemiren yang disebut-sebut sebagai desa penari yang sebenarnya.

Desa Wisata Kemiren, Letak KKN Desa Penari ?
Rate this post

Leave a Comment