Tips Mendaki Gunung Semeru Bagi Pemula

Tips Mendaki Gunung Semeru

Tips mendaki gunung semeru

Tips mendaki gunung semeru

Tips Mendaki gunung dengan ketinggian sekaliber Gunung Semeru membutuhkan persiapan matang dari segala aspek. Bukan hanya cukup pada satu titik persiapan dana saja atau persiapan perbekalan saja kita bisa mencapai puncak Gunung Semeru yang tingginya mencapai 3.676 mdpl itu. Akan tetapi banyak hal yang perlu dipersiapkan dan dimatangkan untuk berhasil menuju puncak Semeru.

Untuk menghindari kejadian buruk yang tidak terduga, berikut ini adalah tips mendaki Gunung Semeru dengan aman:

  1. Persiapan peralatan pendakian

Tips mendaki Gunung Semeru yang pertama adalah kesiapan peralatan pendakian. Perlu kelengkapan dan persiapan yang benar-benar matang untuk menghindari hal-hal yang tak terduga saat mendaki. Peralatan mendaki yang perlu anda siapkan meliputi tas gunung yang ukurannya cukup besar sehingga semua barang bisa masuk dalam satu tempat.

Selain tas anda juga perlu menyiapkan sepatu gunung untuk melindungi kaki dari batu dan pasir gunung. Kemudian baju tebal dan kaos kaki jangan sampai ketinggalan untuk menghangatkan tubuh karena udara di gunung sangat dingin. Mantel, sarung tangan, penutup kepala, masker, kacamata, obat-obatan, senter, korek api, dan kelengkapan pribadi yang juga jangan sampai tertinggal.

  1. Latihan fisik dan mental

Tips mendaki Gunung Semeru selanjutnya adalah latihan fisik untuk melatih kekuatan fisik selama mendaki. Pendakian yang panjang dan memerlukan tenaga ekstra tidak akan bisa ditempuh tanpa latihan sebelumnya. Lakukan olahraga ringan yang melibatkan fisik dan pernafasan seperti lari, basket, futsal, dan olahraga lainnya.

Selain fisik, diperlukan juga mental yang kuat dalam menghadapi segala tantangan selama mendaki.

  1. Mencari Informasi tentang pendakian

Tips mendaki Gunung Semeru yang ketiga adalah anda perlu checking lokasi pendakian sehingga bisa tahu mana jalur yang diperkenankan dilewati secara resmi dan bukan menggunakan jalur-jalur pintas sehingga bisa menimbulkan hal-hal yang tidak terduga seperti hilang jejak.

Informasi tentang lokasi pendakian juga bertujuan untuk menemukan sumber mata air dengan cepat sehingga minim resiko kehabisan pasokan air karena pendakian pasti membutuhkan asupan cairan yang cukup untuk menambah tenaga.

  1. Mengatur konsistensi ritme

Dalam mendaki tidak diperkenankan untuk menghabiskan kekuatan tenaga di awal karena justru tantangan terberat adalah ketika mendekati puncak. Gunakan tenaga anda secara konsisten dan jangan berusaha untuk mempercepat ritme perjalanan.

  1. Patuhi peraturan yang ada

Inilah tips mendaki Gunung Semeru yang terakhir dan paling penting untuk keselamatan adalah patuhi peraturan yang sudah ditunjukkan panitia. Jangan sampai melawan arus dan berusaha melanggar peraturan yang ada karena anda tidak sedang berada di wilayah perkotaan yang padat penduduk.

Itulah beberapa tips mendaki Gunung Semeru yang perlu diperhatikan oleh setiap pendaki. Semoga anda bisa menatap puncak semeru dan kembali dengan selamat dengan tips mendaki Gunung Semeru diatas.

Tips Mendaki Gunung Semeru Bagi Pemula
Rate this post

Leave a Comment