Wisata Banyuwangi Sementara Ditutup karena Covid 19

Banyuwangi yang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang sering juga dikunjungi para wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri kali ini memutuskan untuk sementara waktu menutup wisata untuk mencegah penyebaran virus corona atau covid 19. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk membantu mencegah dan memutus rantai penyebaran virus corona atau covid 19 ini di Banyuwangi. Setelah mendapat instruksi dari Presiden mengenai upaya social distancing, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi langsung menindak lanjuti dengan tegas dan mengikuti instruksi dari Presiden tersebut untuk Wisata Banyuwangi Sementara Ditutup.
Penutupan destinasi wisata untuk sementara waktu telah dibahas bersama Forpimda, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) sebagai pelaku wisata di masing masing destinasi dan seluruh elemen yang terlibat. Penutupan destinasi wisata untuk sementara waktu telah dibahas bersama Forpimda, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) sebagai pelaku wisata di masing masing destinasi dan seluruh elemen yang terlibat. Ditutupnya semua destinasi wisata yang ada di Banyuwangi ini dimulai pada tanggal 16 Maret sampai 29 Maret 2020 sesuai dengan instruksi Presiden. Selain diliburkannya sekolahan dan ditutupnya sementara lokasi wisata yang ada di Banyuwangi, Bupati Banyuwangi juga menginstruksikan kepada pihak Hotel dan Homestay untuk diimbau agar aktif berkoordinasi dengan dinas kesehatan setempat.

Himbauan Pemkab Banyuwangi untuk Menutup Sementara Wisata Banyuwangi

Wisata Banyuwangi sementara ditutup ini dilakukan agar dapat mengantisipasi bilamana ada situasi darurat yang menyangkut kesehatan. Sejumlah lokasi yang bersinggungan dengan kerumunan wisatawan, seperti Bandara Banyuwangi juga mulai dibersihkan dengan disinfektan. Bupati Banyuwangi juga memastikan agar mulai dari pihak Bandara hingga Pelabuhan untuk memberikan fasilitas seperti cuci tangan pakai sabun tersedia dengan baik. Selain menginstruksikan untuk menutup sementara seluruh layanan wisata yang ada di Banyuwangi dan meliburkan semua sekolahan hingga menginstruksikan untuk memberikan fasilitas mencuci tangan hingga pengecekan suhu tubuh tersedia dengan baik. Bupati Banyuwangi juga menghimbau agar masyarakat semua yang ada di Banyuwangi untuk memperhatikan kesehatan diri masing – masing dan menjaga kebersihan serta menjaga kesehatan diri masing – masing. Upaya pencegahan virus corona atau coid 19 ini juga didukung sepenuhnya oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi.

Wisata Banyuwangi yang Ditutup Sementara untuk Mencegah Penyebaran Virus Corona

Mereka juga sempat mengumpulkan pelaku dan pengelola wisata yang ada di Banyuwangi dan mereka juga menyetujuinya untuk ditutup sementara wisatanya agar tidak ada serangan virus corona. Penutupan destinasi wisata alam Banyuwangi ini termasuk destinasi terbesar di Banyuwangi seperti diantaranya Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen, Pantai Pulau Merah, dan Taman Nasional Alas Purwo. Sebab beberapa destinasi wisata Banyuwangi sementara ditutup tersebut adalah penyumbang wisatawan terbesar. Destinasi wisata yang ada di Banyuwangi ini akan dibuka kembali dalam keterangan waktu yang telah ditentukan dari pihak wisata masing – masing. Jadi, buat kalian yang masih ingin berwisata ke Banyuwangi bisa melakukan kegiatan tournya setelah dibuka kembali wisata nya. Untuk itu, usahakan tetap menjaga kesehatan diri masing – masing agar tidak terkena atau tertular virus yang berbahaya ini ya.

Leave a Comment